Tuesday 30 June 2015

Ramadhan 1436 H : Tutorial Membuat Blog Di Blogger.com Untuk Pemula

Ciee bikin tutorial, hehhe. Ada beberapa alasan yang membuat saya memutuskan untuk membuat artikel tentang membuat blog di blogger.com ini. Pertama ada seorang teman saya yang hobi masak dan selalu posting hasil masakannya via path yang di link ke facebook. Saya bilang "Koo nggak di bikin blog aja? Lumayan loh buat jadi blog tentang resep-resep masakan.." Setahu saya kalau kita posting di path hanya akan ramai saat itu saja, so ketika orang mau cari resep kebanyakan googling, bukan search di path. *mungkin* Lalu teman saya menjawab "Nggak bisa ngeblog, pusing bikinnya.." gitu, jadi saya terpacu untuk bikin artikel yang bisa memberitahu cara bikin blog yang simple. Kenapa simpe? Karena saya bukan expert, hehe.


Kedua, ada seorang teman yang nanya sama saya "My, kamu bisa bikinin aku blog nggak? Aku mau bikin blog tapi aku nggak bisa bikinnya.." bukannya nggak mau bikinin, tapi kalau langsung di bikinin, nanti temen saya nggak bisa-bisa bikinnya, gimana? Jadi merasa memiliki kepentingan, saya mau share yang saya tahu mengenai pembuatan blog sederhana. Yang mau tahu, ikuti step-stepnya ya! :)


1. Bukalah blogger.com


Setelah mengunjungi blogger.com silahkan masukan alamat email dan passwordnya, untuk yang belum punya akun, silahkan klik buat akun, isi data, konfirmasi, terus klik link yang ada di email verifikasi dari blogger.com :)

2. Klik Buat Blog



Ini tampilan dasboard blogger.com punya saya, disana udah ada 2 blog, satu blog yang sedang kalian baca, dan satu lagi blog dengan url izinkankamimenikah.blogspot.com yang sedikit terabaikan, hehe. Nah di sudut kiri adakan tulisan "Blog Baru" nah kalian klik saja tulisan tersebut.

3. Tentukan Judul, Alamat dan Template


Setelah di klik "Blog Baru" nanti akan muncul sendiri yang di atas ini, nah kamu bisa isi dengan judul blog yang kamu inginkan, kalau blog saya di beri judul "Just Share", judul ini bisa di ganti-ganti buat kedepannya. Untuk alamat, maksudnya alamat blog ya, misal amyzetmaukar.blogspot.com atau apa saja yang menurut kamu enak buat di jadiin alamat, buat beberapa orang yang ingin blognya punya nieche tersendiri misal kuliner, fashion, atau parenting, biasanya di tambahkan kata-kata yang banyak di cari orang-orang via google. Kamu bisa pake google keyword buat nentuin kata apa yang cocok buat nieche blog kamu. Bingung nggak? Kalau bingung, kasih aja nama unik buat alamat blog kamu ini. :)

Setelah menentukan judul dan alamat blog, lanjut ke template. Nah yang paling gampang menurut saya adalah yang tampilan dinamis. Mengapa? Karena tak perlu repot mengutak atik templatenya. Orang nanti bisa memilih sendiri template mana yang mau mereka lihat saat mengunjungi blog kamu. Setelah selesai, langsung deh klik "Buat Blog", dan blog kamu sudah jadi. Taraaaa ~




Gampang kan bikin blog? :) Nggak lebih susah dari bikin Pancake rasa cinta :D
Itu baru blognya aja, dan hasil di atas adalah tampilan dinamis sebuah blog yang sudah memuat postingan. Udah tahu cara nulisnya gimana? Saya bikin lagi tutorialnya ya. Silahkan di baca disini ==> Tutorial Membuat Postingan Di Blog <==

Semoga bermanfaat ^^

1 comment: