Tuesday 4 August 2015

Syawal 1436 H : Tips Melakukan One Day One Post

Di bulan agustus ini saya dan beberapa teman di bloggermuslimah.com mencanangkan program One day one post. Jadi setiap hari setiap orang menulis sebuah artikel dan mempostingnya di blog. Saya rasa sudah banyak orang yang melakukan hal ini, sayapun pernah melakukannya namun gagal ditengah jalan. Sebenarnya untuk apa sih one day one post ini?


Inilah beberapa manfaat One Day One Post versi saya:
  • Melatih diri untuk konsisten menulis.
Saya termasuk orang yang kurang konsisten, dan belajar untuk selalu konsisten adalah salah satu manfaat yang saya dapatkan dari program one day one post ini.
Dalam program ini saya mewajibkan diri saya sendiri melakukan posting artikel diblog, jika pada hari tersebut saya tidak memposting artikel, maka saya wajib menggantinya dihari yang lain. Memang menulis itu harusnya jujur, sesuai dengan apa yang ingin ditulis, tapi melatih diri agar terbiasa menulis bisa dimulai dari sekarang. Agar tak ada lagi kata "Aah nggak mood!". Doakan saya ya!

  • Melatih pola pikir.

Saya yang kesehariannya dirumah, memang tidak bisa menemukan banyak hal baru kecuali yang saya baca dari internet. Dengan program one day one post ini saya bisa melatih pola berfikir saya dari melihat hal-hal yang berada disekitar saya menjadi sebuah artikel yang bisa bermanfaat. 

  • Menghilangkan kata "TUNDA"

Biasanya saat akan membuat postingan blog selalu saja ada kata "Nanti dulu ah.." atau "Nanti aja.." kemudian setelah satu tahun berlalu barulah ingat akan memposting sebuah hal, tak jarang banyak juga ide yang dilupakan karena kata "nanti" yang godaannya cukup besar itu. Dengan mengikuti one day one post, semoga kata "nanti dulu" itu bisa hilang, demi deadline. Aamiin.

Intinya, one day one post ini membantu saya melatih diri sendiri agar bisa meningkatkan kebiasaan menulis dan tidak kehabisan kata-kata saat membuat artikel. Tapi pasti ada kendala yang akan di hadapi, mulai dari kehabisan ide, internet lelet, dan ada pekerjaan urgent. Nah saya sudah punya solusinya, akan saya share disini untuk menjadi pengingat bagi diri saya sendiri kalau-kalau nanti kedepannya saya merasa tidak sanggup menulis one day one post lagi.

1. Buatlah list ide/ judul
Saya tipe orang yang pelupa, apa yang saya pikirkan satu jam lalu sering saya lupakan. Oleh karenanya membuat list ide adalah hal yang penting untuk saya lakukan. Tulis saja idenya dulu, atau judul artikel yang akan dibuat. Insyaallah bisa ingat apa yang akan ditulis nanti. List ini juga berfungsi sebagai clue card. Jangan sampai ide briliant yang kamu miliki sirna karena terlupakan oleh menu makan siang, hehhe.

2. Membuat Jadwal
Ini berfungsi untuk kamu yang bisa menulis lebih dari 1 artikel dalam satu hari. Saya adalah tipe orang yang kalau sedang mood bisa menulis 3-5 artikel *jangan bahas kualitasnya ya, hihihi*, nah daripada postingannya numpuk disatu hari, gunakan fitur schedule pada blog. Jadi lumayan kan, bisa hemat beberapa hari, hehe. Bahkan ketika nanti kamu ada halangan untuk menulis, kamu sudah mempersiapkan postingan. Enak-kan? Nggak ada deh istilah nggak sempet posting! Ini juga berlaku untuk yang sinyal internetnya lup-lep, kamu bisa atur jadwal penayangan di blog kamu saat berada di jam internet yang sedang kenceng, walau internet sudah tak ada jaringan, blog kamu masih bisa memposting dengan otomatis! *Wink*

3. Memory Jogger
Jangan ingat jogger pant ya, hehhe. Memory jogger ini saya pelajari dari MLM oriflame yang saya tekuni, jadi ini adalah istilahnya mengingat siapa saja yang bisa dijadikan prospek, ditulis berbentuk list. Misalnya anggota keluarga, dan saat beraktivitas diluar rumah kita membeli bensin, maka hasil dari memory jogger ini bisa saja penjaga pom bensin atau penjual minuman dekat pom bensin. Sementara yang saya maksudkan disini adalah tuliskan apa saja yang kamu ingat saat kamu melihat sebuah benda. Misalnya nih kamu sudah menuliskan sebuah ide "Makan Sushi" di list ide/judul kamu, nah buatlah judul lain dari judul tersebut, misalnya "Sushi paling enak di Indonesia" atau "Sushi paling mahal di dunia", meski sama-sama berjudul dan terinspirasi dari sushi, pasti isinya berbeda kan? Dari 1 ide yang kamu tulis, bisa berkembang sampai 3-5 tulisan lain. Dengan melatih kepekaan memory jogger kita, kita akan bisa melihat sebuah hal dari berbagai sudut padang. Puncak dari latihan ini adalah selalu dapat berpikir "Out Of the box".

Itulah 3 hal yang bisa dilakukan untuk memperlancar One day one post versi saya, apa kamu punya cara lain? Share dengan saya di kolom komentar yuk!
Semoga bermanfaat ^_^

No comments:

Post a Comment